Recents in Beach

header ads

Mengunakan 3 kecerdasan IQ,EQ dan SQ untuk tangkis gerd dan anxety psikosomatis

Assalamualaikum...sdrku semua...
AFALA TAGKILUN?????"MENGAPA KAMU TIDAK BERFIKIR???"
cukup sering kita jumpai di ujung ayat2 Alqur an ...
ada apa ini???
selain kita punya dua input yang kita gunakan untuk menerima segala ilmu dan masukan yaitu mata sebagai penglihatan dan telinga sebagai pendengaran ,,,kita juga di beri hati,akal atau pikiran untuk berfikir...
dalam menghadapi segala masalah pun kita dituntut untuk berfikir..juga bagi kita penderita gerd dan anxeity pastinya menggunakan fikiran untuk mencari cara atau jalan kesembuhan...
namun untuk berfikir kita mengetahui ada 3 macam kecerdasan yaitu IQ,EQ dan SQ.
IQ adalah kecerdasan yang kita bawa sejak lahir yaitu kecerdasan rasional, logis dan linear, jenis kecerdasan yang dipakai untuk jenis-jenis problem logika tertentu dan untuk melakukan jenis-jenis pemikiran strateis tertentu.
EQ Kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang terkait dengan yang kita temui. Kita berhubungan dan memahami orang lain dan situasi kemampuan. EQ juga bergubungan dengan kemampuan kita untuk memahami dan mengelola emosi kita sendiri berupa ketakutan, kemarahan, agresi dan kejengkelan. Seperti kata Golemen, “jika kita tidak bisa mengelola mengontrol emosi semacam itu, emosi-emosi itulah yang bakal mengontrol kita”. Golemen kemudian mendefenisikan EQ sebagai kesanggupan untuk memperhitungkan atau menyadari situasi tempat kita berada, untuk membaca emosi orang lain, dn untuk bertindak dengan tepat.
SQ adalah Inilah kecerdasan yang kita gunakan untuk mengakses makna yang dalam, nilai-nilai fundamental, dan kesadaran akan adanya tujuan yang abadi dalam hidup kita dan peran yang dimainkan oleh makna, nilai,dan tujua, ini dalam hidup, strategi, dan proses berfikit kita. Inilah kecerdasan yang ditunjukkan oleh Mats Lederhausen lewat keinginannya untk melayni tujuan-tujuan yang mendalam. SQ mengajak kita untuk megajukan pertanyaan-pertanyaan besar: mengapa saya dilahirkan?, Apa makna hidup saya?, mengapa saya mencurahkan hidup saya pada hubungan ini atau pekerjaan ini atau persoalan ini? Apa yang sungguh-sungguh ingin saya capai dengan proyek iniatau dengan hidup saya?. SQ membuat kita bisa melihat konteks yang lebih luas dari peristiwa-peristiwa dan melihat skema besar. SQ memberi hidup kita sebuah naungan berupa makna dan nilai.

nah kita harus mengerti ketiga macam kecerdasan tersebut dan kita juga harus menggunakannya sekaligus..supaya kita tidak mudah terombang ambing oleh berbagai masalah dan ujian..
supaya prinsip dan kekuatan mental kita selalu siap...karna kita mengerti awal dan akhir serta semua proses kehidupan ini..

kita tau diri kita,kita bisa menempatkan dimana,menyelesaikan kan masalah dengan baik,juga hablum minanna wahabblumminallah..
jika kita mengerti ketiga kecerdasan ini dan mau menggunakannya maka kita akan mengerti tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek..hubungan vertikal dengan Allah dan hubungan horizintal dengan dunia dengan makhluk yang lain..Insya Allah apapun yang terjadi akan membuat kita semakin mengerti.
bila kita sakitpun kita akan mengerti apa yang harus kita lakukan,pada siapa kita minta bantu atau pertolongan..
tidak mudah percaya pada iming2 kesembuhan dari oknum2 tertentu yang tidak bertanggung jawab,yang menghalalkan segala cara...yang tega menari diatas luka saudaranya yang susah..kita akan menjauhi dukun sesat dan menyesatkan...
kita tau Allahlah satu2 penyembuh segala penyakit..jika Allah menghendaki maka jalan akan terbuka..maka mari kembali kita dengar pertanyaanNya "mengapa kamu tidak berfikir"?????
dan "Jika kamu tidak tau tanyalah pada orang yang tau"!!!
Wallahua A'lam

Posting Komentar

0 Komentar