Recents in Beach

header ads

Kisah Kawan tentang gerd anxeity dan psikosomatis

 ASSALAMUALIKUM WR.WB.
Maaf sdr ku x ini saya ingin bagikan sebuah status dari sdr kita di Fb yaitu
Mbie Rahmawan
tujuan saya bagi disini supaya sdr2 kita  yang lain dapat mengambil pelajaran,jika ada yang keberatan tolong kasih tau kepada saya..terima kasih
Salam kenal semuanya. Saya mau sharing cerita saya dengan penyakit lambung ini.
Saya memang sebelumnya punya sejarah penyakit maag dari SMA, namun semenjak kuliah 8 tahun lalu, tidak pernah kambuh. Tahun 2014 pernah kambuh selama dua minggu dan di tahun 2015 ini KAMBUHNYA LEBAY. Bukan cuma maag tapi GERD yang nyebabin PANIC ATTACKS dan PSIKOSOMATIS.
Awalnya pekerjaanku sebagai Sales di salah satu hotel di Jakarta menyita waktu, tenaga dan pikiran, alhasil makan jaadi ga kontrol dan istirahat seadanya.
Pertama kali muncul penyakit GERD ini, di bulan April 2015. Banyak aktivitas kantor yang membuat saya stress dan hubungan dengan beberapa atasan tidak berjalan lancar. Samapai suatu hari saat saya bangun tidur, saya tidak nafsu makan sama sekali (biasanya saya makan kaya kuli bangunan HAHA). Saya heran, kenapa ga masuk sama sekali makan. Perasaan mual dan pengen muntah. Lalu saya paksain ngopi untuk menambah energi (Saya memang penggila kopi. Bisa 5-8 gelas sehari). Kopi pun sukses saya tegak sebanyak 3 gelas sambil menikmati sebungkus rokok.
Karena masih penasaran kenapa saya ga nafsu makan, bahkan cium bau makanan saja mual, saya paksain diri untuk olahraga Angkat Beban, mungkin saja bakal timbul lapar dan mau makan setelah olahraga. Setelah berolah raga saya cuma berhasil memasukan 5 suap makan, cuma setengah porsi makan habis. (itupun dipaksakan.)
Selanjutnya ketika saya mandi, dalam keadaan membukuk sambil sabunan muka, saya merasakan adanya aliran seperti aliran darah atau udara di dalam badan saya yang bergerak dari dada – menuju leher dan keteling (SEPERTI MAU PINGSAN), dengan jantung yang sakit dan BERDEBAR KENCANG, serta rasa SUSAH BERNAFAS. Saya pikir sakaratullmaut.
Saya bergegas mencari pertolongan teman kost, dan kebetulan salah satu teman kost saya adalah seorang dokter. Dia bilang bukan serangan jantung hanya stress.
Selama dua hari, saya merasakan PANIC ATTACK sebanyak 3 kali dan rasanya seperti akan dicabut nyawanya frown emotikon
Akhirnya saya putuskan untuk memeriksakan diri ke dokter di RS di daerah Semanggi,
Di sana dilakukan EKG dan beberapa pemeriksaan lain, dan semua menunjukan masih dalam batas normal.
Dokter hanya mendiagnosa bahwa saya mengalami GERD dan menyebabkan PANIC ATTACK. Dikaarenakan kondisi fisik dan mental yang terlalu capet dan drop di waktu bersamaan…. menyebabkan maasalah pencernaan dan kinerja saraf pusat.
Saya dikasih resep
1. ANTI DEPRESSAN (Zypras 0,25 / Xanax 0,5)
obat yang mengandung Aprazolam sebagai antidepressan untuk mengurangi stress.
2.OPREMAZOLE & GUARPOSID (Caspride 5mg)
Untuk masalah LES lambung dan masalah asam lambungnya
3. Vitamin B Complex
Untuk memperkuat syaraf (Tingginya asam lambung memperlambat penyerapan vitamin B)
Awal sakit saya selalu ngerasa takut, setiap bagian badan saya raasa sakit, pasti pikiran saya kemana-mana. Jantung berdebar dipikir sakit jantung, tenggorokan sakit, mikirnya kanker. sesak nafas dipikir kanker paaru dll. paranoid ga jelas dan selalu ngerasa takut tanpa alasan yang jelas. Terutama setiap habis makan atau telat makan. ga bisa jalan kemana-mana. selalu negrasa UNREAL atau MERASA SEPERTI ORANG MABOK dan asing dengan keadan sekitar. Sampe ngerasa kaya orang gila. TAPI TENANG… KITA GA GILA. Ini cuma masalah lambung. CUMA masalah lambung.
Seemangat semuanya
It’s been a month for me. Tapi progressnya udah lumayan banget.
The first two weeks, I couldn’t even move from bed, anxious dan takut mau ke mana-mana. Tapi tetep harus di lawan dan yakin kalau bakal sembuh.
Kuncinya cuma DOA, YAKIN, IKHTIAR dan PASTINYA MINUM OBAT. Selalu bahagia dan berpikir positif untuk mempercepat proses penyembuhan…. JAGA MAKAN jangan lupa.
Oh iya… Jamu Kunyit dan Jamu Temulawak juga ngebantu banget lho untuk ease the pain…..

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Ya allah ku kira saya sendiri yg sakit seperti ini bs sembuh ksh tau obat apa

    BalasHapus
  2. Ya allah ku kira saya sendiri yg sakit seperti ini bs sembuh ksh tau obat apa

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Saya juga di diagnosis GERD ini sudah 2bln,, saya takut mati dan selalu menangis tanpa sebab bahkan saya sampai rekam jantuk, cek urun keseluruhan, kreatinin,, keadaan hb saya 11,2 dan tensi darah saya 90/60

      Hapus
  4. Aq jg lg berjuang untuk sembuh,,, semangat!!!

    BalasHapus
  5. Ya robb...ternyata banyak org mengalami hal yg sama dengan saya...dada terbakar.jantung berdebar rasa mau ambruk..kaki n tangan basah krn keringat.tdur nggak nyenyak..mau ngapa2in takut.k mn2 takut.pgin ad tmne trus...negatif thinking terus.sk marah2..tangan kesemutan mikirnya stroke,sariawan n radang tenggorokan mikirnya kanker,bb turun banyak mikirny kanker..apa2 dikit searching d google,dikasih obat sm dokter searching d google n ketemunya penyakit2 mengerikan n efek samping obat bikin takut mnum obat..sensasi sakit saling bermunculan lama2 kyk org gila..n parahnya lgi org disekitar qt nggak tau ap yg qt rasakan...ya allah saya berjuang untuk sembuh..berjuang demi putri kecil saya...semoga allah memberikan nikmat sehat untuk qt semua...terimakasih untuk postinganny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, semoga kita semua selalu kuat. Lekas sehat semuanya

      Hapus
  6. ulah pikiran...insya Allah..ga pa2 jika bisa mengendalikan pikiran..

    BalasHapus
  7. Jamu maag/gerd fei ci cao'
    1.temulawak dua jempol diiris
    2.meniran 4 pohon.
    3.adas ½sdm
    4.cabe jawa 3
    Semua bahan direbus dgn 3gelas air samp 1gls minum ½gelas pagi sore.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  8. syukron..jakallahu khairan katsiran

    BalasHapus
  9. Hidup saya sudah susah gara2 GERD,,utang byk kerja takut,,pikiran yg aneh2,,EA Alloh brilah saya k sembuhan,,kasian ank dn istri saya klo saya tdk krja2 sprti ini

    BalasHapus
  10. Aamiin...semua ada hikmahnya...ini ujian..dan sabarlah

    BalasHapus